Peristiwa

03 Januari 2017, Humas DIY

Ini Tekad PT Jasa Raharja Diusianya 56 Tahun

PT Jasa Raharja (Persero) merupakan badan usaha milik negara (BUMN) yang dipercaya mengelola jaminan sosial bidang kecelakaan penumpang dan lalu lintas. Pada Januari 2017, usia PT Jasa Raharja ( Persero)  genap 56 tahun.

 

Selama 56 tahun, Jasa Raharja ( Persero) terus berada di garda terdepan memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Terutama dalam memberikan santunan kepada korban kecelakaan.

 

Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Cabang DIJ Jahja Joel Lami menjelaskan, pada usia 56 ini Jasa Raharja Cabang DIJ akan mempertahankan prestasi yang diraih sebagai yang terdepan dalam pelayanan masyarakat. Salah satunya percepatan pelayanan kepada masyarakat.

 

”Tahun lalu kantor cabang kami menjadi yang terbaik dalam pelayanan,” tandas Jahja disela-sela peringatan 56 Tahun PT Jasa Raharja, S(3/1).

 

Dijelaskan, kecepatan pelayanan klaim pembayaran kepada korban kecelakaan rata-rata 1,24 hari dari kejadian. Artinya, masyarakat tidak perlu menunggu lama untuk menerima santunan bila terjadi musibah kecelakaan.

 

Selama Tahun  2016, Jasa Raharja Cabang DIJ telah mengeluarkan santunan Rp 45,14 miliar. Jumlah itu mengalami kenaikan dari yang dibayarkan Tahun  2015 sebesar Rp 37,5 miliar.

 

Cepatnya pembayaran santunan itu, sambungnya, tak lepas dari kerja sama Jasa Raharja Cabang DIJ dengan sejumlah pihak. Saat ini saja, sudah ada 21 rumah sakit di DIJ yang bekerja sama dengan Jasa Raharja dalam penyaluran santunan.

 

”Kerja sama ini sebagai garansi, jadi warga yang tidak mampu tidak perlu memikirkan biaya rumah sakit bila terjadi kecelakaan, kami akan tanggung sampai maksimal Rp10 juta,” jelasnya.

 

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan kerja sama dengan dinas kependudukan dan catatan sipil. Kerja sama itu terkait kemudahan akses data bagi para korban.

 

Dengan adanya kemudahan akses, warga tidak perlu khwatir mengurus santunan bila ada korban yang meninggal. Melalui kemudahan akses ke data disdukcapil, Jasa Raharja bisa mengetahui siapa ahli waris yang berhak menerima.

 

Selain itu, ada juga aplikasi cash management system dengan BRI. Dengan sistem ini santunan bisa dibayarkan meski hari Sabtu atau Minggu. Biasanya, pemberian santunan pada hari libur ditujukan kepada kasus-kasus kecelakaan yang menonjol.

 

Di hari jadinya yang ke-56, PT Jasa Raharja mengusung tema ”Hadir untuk Melayani Masyarakat”. Dengan umur tersebut, PT Jasa Raharja berupaya memberikan perlindungan maksimal kepada masyarakat. Mereka yang mengalami kecelakaan memiliki hak mendapatkan perhatian dari negara.

 

”Jangan sampai hak masyarakat terabaikan. Berapapun besarnya, bila menjadi hak korban akan kami tanggung,” jelasnya.

 

Selain itu, jelas Jahja, Jasa Raharja juga aktif dalam upaya pencegahan kecelakaan. Selama 2016, pihaknya telah memberikan bantuan sarana dan prasarana kepada mitra salah satunya kepolisian. Bantuan seperti barikade, alat tes alkohol, senter polisi, berbagai tenda, jas hujan dan yang lainnya.

 

”Itu sebagai bentuk komitmen memperlancar kinerja aparat dalam upaya mencegah kecelakaan lalu lintas di jalan,” ujarnya. ( HUMAS JR DIY / WAHYU )