Peristiwa

23 Maret 2017, Humas KalSel

Menggali Potensi IWKL di Dermaga Riam Kanan, Desa Aranio, Kalsel

Desa Aranio terletak sebelah timur Kab. Banjar yang memiliki potensi wisata yang cukup menarik, disana terdapat wisata pulau-pulau kecil yang harus ditempuh dengan moda transportasi air dari Dermaga Riam Kanan menuju pulau-pulau kecil. Tingkat okupansi menyewa klotok untuk berlabuh kepulau-pulau kecil tersebut mencapai titik tertinggi di akhir pekan yakni hari sabtu-minggu.

 

Alat transportasi klotok (perahu motor) yang digunakan untuk menyambangi pulau-pulau tersebut tidak terlepas dari adanya resiko terjadinya kecelakaan di air, oleh karena itu PT Jasa Raharja (Persero) sebagai pelaksana dari UU 33 tahun 1964 harus “hadir” guna melindungi para penumpang dan memberikan rasa aman, terutama dari Dermaga Riam Kanan menuju pulau-pulau destinasi wisata.

 

Melihat potensi sekitar 120 kapal yang beroperasi di Riam Kanan membuat petugas Agus Ambarwanto dan Anggar Bagus tergerak untuk memberikan rasa aman dan kenyamaan bagi para penumpang. Melalui upaya Sosialisasi Tentang Pentingnya Menjaga Keselamatan dan Meminimalisir Tingkat Fatalitas Korban Kecelakaan di Air, diharapkan pemilik perahu motor wisata sadar akan pentingnya Perlindungan asuransi kepada penumpangnya.

 

“ Setelah melalui pendekatan secara emosional dengan sebungkus nasi menjangan dan ngopi bareng, akhirnya pemilik kapal meminta penjaminan atas penumpang yang diangkutnya kepada Jasa Raharja ”, ungkap Agus Ambarwanto PJ Samsat Martapura.

 

“Adanya JR di Riam Kanan, Agus berharap akan lebih banyak lagi pengunjung yang menggunakan perahu motor wisata karena sudah dijamin oleh Jasa Raharja, perekonomian wargapun akan ikut naik”, pungkas pria kelahiran Wonogiri 17 Agustus 1982.

 

Gadasprika (Gabungan Angkutan Sungai & Danau Penyeberangan Riam Kanan) menyambut baik kedatangan Jasa Raharja. “ kami berharap dengan kehadiran JR disini, pengunjung yang datang dapat meningkat karena perahu disini sudah di cover JR”, ujar Zubaidi Salah Satu Pengurus Gadasprika.  (KAA)