Info Utama

15 Mei 2017, Humas Papua

JR Papua Men-Sosialisasikan Kenaikan Besaran Santunan Korban Kecelakaan Penumpang Angkutan Umum dan Lalu Lintas Jalan

Jayapura, 15 Mei 2017; Mensosialisasikan kenaikan Santunan pertanggungan PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Papua kepada korban kecelakaan angkutan umum dan lalu lintas sebesar 100 persen per 1 Juni 2017. Jumlah santunan paling besar yang akan ditanggung PT Jasa Raharja (Persero) adalah sebesar Rp 50 juta. "Iuran dari masyarakat, Negara wajib mengembalikan manfaat itu ke masyarakat. Diharapkan 1 Juni ini, Jasa Raharja bisa men-cover dan memberikan perlindungan ke masyarakat," menurut kacab Jasa Raharja Papua, H. Widayana.

 

Penyesuaian besaran santunan korban kecelakaan dari Jasa Raharja sebesar 100 persen ini tertuang dalam dua Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Kedua aturan itu, yaitu dalam PMK 15/PMK.010/2017 tentang Besar Santunan dan Iuran Wajib Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Alat Angkutan Penumpang Umum di Darat, Sungai/Danau, Feri/Penyeberangan, Laut, dan Udara. Kemudian dalam PMK Nomor 16/PMK.010/2017 tentang Besar Santunan dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Kedua PMK ini merupakan penyesuaian dari PMK Nomor 37 Tahun 2008 dan PMK Nomor 36 Tahun 2008. penyesuaian santunan tersebut tidak diiringi kenaikan tarif premi yang dibayarkan masyarakat saat membeli tiket angkutan umum dan pembayaran pajak kendaraan (STNK).

 

Dalam konferensi Pers yang berlangsung di ruang rapat Cendrawasih JR Papua, di hadiri oleh media cetak dari Papua, medi online, stasiun TVRI dan dari Jayapura TV selaku penyalur berita yang langsung ke masyarakat. Diharapkan dari hasil konferensi pers tersebut masayrakat menjadi faham tentang hak-hak yang diperoleh ketika mengalami kecelakaan lalu lintas dan besaran santunan yang diperoleh, ucap Kacab. JR Papua, H. Widayana dalam Paparannya. (Humas Papua / @Fatur.Mikronika)