Info Utama

08 Agustus 2017, Humas SulTeng

Monitoring dan Evaluasi Penanganan Kecelakaan dan Pendataan Korban Kecelakaan Secara Terpadu di Cabang Sulawesi Tengah

Palu, Kamis, (3/8) - Bertempat di hotel Mercure Palu, PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Sulawesi Tengah melaksanakan Rapat Monitoring dan Evaluasi yang membahas mengenai sinergi yang telah terjalin antara Jasa Raharja, Kepolisian dan BPJS Kesehatan. Evaluasi dilakukan untuk membahas berbagai permasalahan yang timbul selama operasional penanganan kecelakaan, sekaligus mencari solusi, agar pelayanan prima kepada masyarakat dapat terus terlaksana.

 

Hadir dalam acara tersebut, Tim Kantor Pusat Jasa Raharja, Naek Pasaribu beserta rombongan, AKBP Feri Handoko beserta tim dari Korlantas, Meldiyanti Elya Permata Sari beserta tim dari BPJS Kantor Pusat dan jajaran dari Jasa Raharja Cabang Sulawesi Tengah, Kepolisian dan BPJS Kesehatan sebagai peserta.

 

Dalam sambutannya sebagai pembuka acara, Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Sulawesi Tengah, Amiruddin Zein mengatakan bahwa kecelakaan adalah salah satu faktor penyebab kemiskinan, dikarenakan kebanyakan dari korban meninggal dunia yang mengalami kecelakaan kendaraan bermotor adalah mereka yang berperan sebagai tulang punggung keluarga. Oleh karena itu, semakin menigkatnya jumlah kecelakaan kendaraan bermotor atau alat penumpang umum, akan berdampak meningkatnya tingkat kemiskinan.

 

Disisi lain, Jasa Raharja mengalami kenaikan dalam hal pembayaran santunan, ini dikarenakan sinergi yang telah terjalin selama ini antara Jasa Raharja, BPJS Kesehatan dan Kepolisian yang telah dengan sigap dan cepat menangani korban laka lantas, yang salah satunya adalah penerbitan Laporan Kepolisian, sehingga korban yang mengalami kecelakaan dan dibawa ke Rumah Sakit langsung dapat diketahui oleh petugas dilapangan, dan petugas segera menerbitkan guarantee letter (surat jaminan).

 

Setelah selesai paparan dan evaluasi oleh narasumber, dilanjutkan dengan kunjungan ke Rumah Sakit Anutapura, dan Rumah Sakit Umum Undata Palu untuk melihat peninjauan teknis software BPJS dan evaluasi pelaksanaan sistem Host to Host untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya korban kecelakaan lalu lintas. (Humas JR Sulteng/17/Ak/V-Ed)