Info Utama

09 Februari 2018, Humas SumSel

Dalam Kurun Waktu Kurang dari 6 Jam, Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan Bayarkan Santunan Korban Meninggal Dunia

Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan kembali menunjukan semangatnya dalam memberikan pelayanan bagi korban kecelakaan lalu lintas di wilayah Palembang. Tidak sampai 6 jam setelah kejadian, santunan meninggal dunia korban atas nama Adi Jaya, diberikan kepada ahli waris korban.

 

Sebuah peristiwa kecelakaan terjadi pada Hari Kamis, 08 Februari 2017, pukul 10.00 di Jl. Soekarno Hatta, Palembang. Kecelakaan terjadi antara sebuah truk dengan seorang anggota Dinas Perhubungan Kota Palembang. Kecelakaan bermula dari datangnya truk dari arah simpang Pakjo Ujung. Korban kemudian berniat menghentikan laju kendaraan tersebut namun supir truk menolak berhenti dan menabrak korban. Akibatnya, korban tewas di tempat.

 

Respon cepat dilakukan oleh petugas Jasa Raharja. Setelah berkoordinasi dengan Kepolisian Resor Kota Palembang, diketahui korban bernama Adi Saputra dan berdomisili di Kecamatan Sako, Kota Palembang dan keluarga korban berada di wilayah Ogan Komering Ulu Timur yang merupakan wilayah kerja Jasa Raharja Perwakilan Baturaja.

 

Petugas Jasa Raharja Perwakilan Baturaja, tepatnya petugas Samsat Pembantu Belitang Kabupaten Ogan Komering Ulu, Dito Agung Laksono, segera melakukan survey ke rumah keluarga korban untuk mengetahui identitas lengkap korban serta memastikan pihak yang menjadi ahli waris korban. Korban diketahui belum menikah sehingga yang berhak menjadi ahli waris korban adalah ayah korban yaitu Sarkowi.

 

Selain melakukan survey ahli waris, petugas juga melakukan koordinasi dengan pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk pembuatan rekening ahli waris korban. Kurang dari 6 jam, yakni pukul 15.00, santunan korban meninggal dunia sebesar Rp 50.000.000 dibayarkan melalui transfer dengan Cash Management System (CMS) ke rekening ahli waris korban tersebut.

 

Sebagai bentuk rasa empati kepada korban, Kepala Cabang Jasa Raharja Sumatera Selatan, Taufik Adnan, Kepala Bagian Operasinal, A.A Ngurah Yudi Sudarma, serta Kepala Sub  Bagian Pelayanan Klaim, Baskara, turut hadir di rumah duka dan secara simbolis menyerahkan santunan kepada keluarga korban.

 

Pada kesempatan tersebut, Taufik Adnan menyampaikan bela sungkawa atas meniggalnya korban sekaligus menyampaikan komitmen dalam memberikan santunan kepada korban kecelakaan. Kecepatan dan ketepatan pembayaran santunan merupakan prioritas utama dalam membantu masyarakat.

 

“Memberikan dana santunan dengan cepat dan tepat memang bukan hal yang mudah, namun bukan berarti hal itu tidak bisa dilakukan. Apalagi dana santunan tersebut merupakan hak warga negara yang dilindungi oleh Undang-Undang. Sehingga secepatnya harus diberikan agar dapat segera dimanfaatkan oleh yang bersangkutan”, ujarnya. Jasa Raharja mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya Almarhum Adi Jaya. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan keikhlasan.

(Humas JR Sumsel/Tatiana Romanova/18/VAL-Ed)