Info Utama

12 November 2019, Humas Riau

Gunakan Dana Hibah Jasa Raharja, Tim Pembina Samsat Riau Luncurkan TANJAK

Pekanbaru (11/11), Tim Pembina Samsat Provinsi Riau yang terdiri dari Direktorat Lalu Lintas Polda Riau, Badan Pendapatan Provinsi Riau dan PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Riau mengadakan Rapat Kerja Orientasi Peningkatan Teknis Kesamsatan Tahun 2019 Provinsi Riau. Rapat kerja yang bertempat di Hotel Prime Park Pekanbaru mengangkat tema “Kita Tingkatkan Pelayanan Kesamsatan yang Mudah, Cepat, Transparan dan Akuntabel Bebasis Teknologi Informasi”. Kapolda Riau, Perwakilan Gubernur Riau, Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Riau dan instansi terkait berkenan hadir dalam pembukaan rapat kerja yang dimulai pukul 09.00 WIB. Setelah pembukaan dilaksanakan, selanjutnya masing-masing Tim Pembina Samsat memaparkan materi dan inovasi yang telah dilakukan dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarkat serta beberapa kendala yang terjadi pada operasional Samsat.

 

Selain dari Tim Pembina Samsat, terdapat narasumber istimewa yaitu Direktur Pendapatan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Dr. Hendriwan, M. Si., dengan  salah satu materinya menekankan tentang penggunaan dana hibah Jasa Raharja ke pemerintah daerah yang harus dioptimalkan untuk biaya operasional Samsat serta inovasi untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Sejalan dengan itu Pemerintah Provinsi Riau melalui Bapenda Provinsi Riau meluncurkan Samsat Tanjak Provinsi Riau.

 

Samsat Tanjak adalah singkatan dari Samsat Antar Jemput Antar Kampung yang  merupakan versi lain Samsat Keliling yaitu menggunakan sepeda motor. Empat puluh sepeda motor Samsat Tanjak yang diluncurkan diharapkan bisa menjangkau daerah yang sulit untuk ditembus mobil maupun bus Samsat Keliling serta lebih fleksibel. “Pengadaan 40 kendaraan operasional Samsat memanfaatkan dana hibah dari Jasa Raharja ke Pemerintah Provinsi Riau dengan harapan bisa menggenjot pendapatan pajak kendaraan maupun SWDKLLJ didaerah terpencil” harap Indra Putrayana, Kepala Bapenda Provinsi Riau.

 

Hibah Jasa Raharja kepada Pemerintah Provinsi Riau merupakan salah satu bentuk kontribusi Jasa Raharja kepada pemerintah daerah dalam meningkatkan pendapatan asli daerah. Semoga dengan sinergitas seluruh Tim Pembina Samsat Provinsi Riau, target penerimaan yang sudah ditetapkan bisa tercapai dan pelayanan kepada masyarakat bisa semakin baik. Bravo Tim Pembina Samsat Provinsi Riau.