Info Utama

24 November 2020, Humas DIY

Jasa Raharja bekerja sama dengan Ditlantas Polda DIY Melakukan Sosialisasi Millenial Road Safety Bersama Pelajar SMAN 1 Sleman

Senin (23/11) Jasa Raharja Cabang DIY kembali mengadakan kegiatan sosialisasi Millenial Road Safety. Kegiatan ini rutin dilaksanakan sebagai wujud kontribusi Jasa Raharja dalam mengedukasi masyarakat khususnya para pelajar di Daerah Istimewa Yogyakarta terkait keselamatan berkendara. Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Aipda Heru Purwadi selaku Anggota Unit Dikyasa Satlantas Polres Sleman dan Sofyan Adi Nugroho, SE. MM. Selaku Kepala Bidang Operasional Jasa Raharja Cabang D.I. Yogyakarta. 

Dalam kegiatan kali ini, Sofyan menjelaskan tugas dan fungsi Jasa Raharja dalam upaya memberikan perlindungan kepada masyarakat, yakni sebagai penjamin pertama bagi korban kecelakaan. Sofyan juga menghimbau kepada adik-adik SMAN 1 Sleman untuk bersikap baik di jalan raya.

“Adek-adek tertiblah terhadap diri sendiri, jika sampai terjadi kecelakaan yang rugi adalah diri kita sendiri, jadi penting bagi kita untuk menjaga sikap saat berkendara dijalan raya, saat keluar rumah juga jangan lupa untuk pamit dan salim kepada orang tua” ujarnya.

Himbauan ini didukung sepenuhnya oleh Aipda Heru yang memaparkan bahwa pelajar menjadi segmentasi usia yang rentan terhadap kecelakaan di jalan raya. Ia memaparkan beberapa penyebab kecelakaan yang paling vital, seperti faktor pengemudi yang tidak disiplin, kendaraan yang tidak layak jalan, faktor jalan yang kurang baik dan faktor cuaca, terlebih jika sedang musim hujan. Selain itu ada juga faktor-faktor yang menunjang keselamat berkendara, yakni Orang yang berkeselamatan, maksudnya adalah orang yang mematuhi etika berkendara di jalan raya. Kendaraan yang berkeselamatan, maksudnya adalah kendaraan yang sesuai mutu dan standar penggunaan. Yang terakhir adalah Jalan yang berkeselamatan, yakni jalan yang layak untuk dipakai, tidak berlobang dan tidak bergelombang.

Jasa Raharja dan Ditlantas Polda DIY beserta seluruh pihak yang bertanggung jawab atas pemantauan keselamatan berkendara di jalan raya selalu meningkatkan mutu pelayanan, tidak hanya melalui kegiatan lapangan, tetapi juga melalui pengembangan wawasan dan edukasi masyarakat terkait keselamatan berkendara. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar generasi muda semakin peduli dengan keselamatan berkendara, sehingga bisa mengurangi angka kecelakaan dan menyelamatkan masa depan mereka.