Info Utama

11 November 2020, Humas DIY

Jasa Raharja Cabang DIY Mengikuti Upacara Hari Pahlawan Nasional Secara Virtual

Penetapan 10 November sebagai Hari Pahlawan Nasional didasari keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur. Penetapan hari pahlawan pada 10 November terinspirasi dari pertempuran Indonesia melawan Sekutu di Surabaya pada 1945. Pertempuran ini adalah perang terbesar Indonesia setelah masa Kemerdekaan. Kemudian di tahun 1950-an, 10 November mulai dibicarakan menjadi hari pahlawan. Hal ini merupakan usulan dari Soekarno sebagai pengingat akan jasa-jasa para pahlawan bangsa. Keputusan Soekarno tersebut didasari oleh usulan Sumarsono, mantan pimpinan tertinggi gerakan PRI yang ketika itu turut berperan besar dalam pertempuran mempertahankan kemerdekaan bangsa bersama arek-arek suroboyo. Penetapan 10 November sebagai Hari Pahlawan Nasional didasari keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur.
 

Kegiatan upacara ini merupakan wujud rasa bangga dan terima kasih dari Jasa raharja terhadap seluruh peluh keringat dan darah para pejuang bangsa yang telah memperjuangkan  kemerdekaan dan kedaulatan Negara Indonesia. Tanpa jasa-jasa para pahlawan, kita tidak bisa berada pada titik ini, titik dimana kita sebagai Bangsa Indonesia berdaulat, merdeka, dan bebas dalam berekspresi. Namun, bukan berarti perjuangan kita telah usai sampai disini, perjuangan kita masih panjang. Masih banyak yang harus kita perjuangkan lagi, seperti penegakan HAM, Kesejahteraan umum, dll. Jasa Raharja mendukung penuh program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui program-program sosial.
 

Upacara ini dilakukan secara virtual oleh Jasa Raharja Pusat dan diikuti oleh seluruh perwakilan cabang Jasa Raharja di seluruh indonesia. Semangat perjuangan ini akan terus berada di masing-masing bahu para seluruh elemen bangsa. Sekarang adalah giliran kita para generasi muda memegang tongkat estafet untuk berbakti dan berjuang demi bangsa dan negara. Pertempuran bukan lagi soal berjuang dimedan perang. Gunakan skill dan kemampuanmu untuk pertempuran di berbagai bidang, seperti pendidikan, ekonomi, digital skill, dsb yang berguna untuk mensejahterakan bangsa. Perjuangan Indonesia belum berakhir sampai disini. Ayo tunjukan kontribusimu!!