Info Utama

09 Juni 2015, Humas SulUt

Jasa Raharja Sulut Selenggarakan Dialog Publik

Tingkat kecelakaan lalu lintas dapat menjadi salah satu faktor penyebab turunnya tingkat kesejahteraan suatu masyarakat. Hal ini perlu disikapi dengan perhatian dan aksi dari para pemangku kepentingan yang memiliki tugas pokok dan fungsi untuk menanggulangi maupun memperkecil risiko akibat dari kecelakaan lalu lintas yang diderita korban. Untuk itu, perlu sinergitas yang optimal dari para pemangku kepentingan dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, khususnya korban kecelakaan lalu lintas.

Berangkat dari latar belakang tersebut, maka Jasa Raharja Sulut menyelenggarakan Dialog Publik pada tanggal 8 Juni 2015 di Graha Gubernuran, Manado. Dialog Publik mengusung tema “Sinergi Untuk Peningkatan Pelayanan Kepada Masyarakat Korban Kecelakaan Lalu Lintas”, dibuka oleh Asisten III Provinsi Sulut, Christian Talumepa, SH., M.Si, dengan menghadirkan Narasumber Dirlantas Polda Sulut, Kombes Pol. Stephen M. Napiun, SIK., SH., M.Hum, Kabid Perhubungan Darat Dishukominfo Sulut, Pengamat Transportasi dan Lalu Lintas, DR. James Timbuleng, dan Kacab Jasa Raharja Sulut, Harwan Muldidarmawan, dan dipandu oleh Susan M. Palilingan, S.Ked, sebagai Moderator.

Acara yang ditukangi oleh Kompas TV, selaku event organizer, berlangsung lancar diramaikan oleh peserta yang berasal dari berbagai elemen masyarakat, baik dari SKPD Pemprov Sulut, unsur TNI, Rumah Sakit, BUMN, Komunitas Otomotif, awak media cetak, radio, TV, dan online, dan civitas akademika serta siswa SLTA. Anak perusahaan Jasa Raharja, PT Jasaraharja Putera Cabang Sulut, juga ikut ambil bagian mendukung Acara ini, dengan memberikan cinderamata berupa Kartu Asuransi Kecelakaan Diri (AKD) bagi Narasumber dan 2 (dua) Kartu AKD sebagai lucky draw bagi peserta Dialog Publik.

Dialog dimulai dengan penyampaian materi oleh Para Narasumber, yang dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab, dimana secara antusias diikuti oleh Peserta. Dialog juga disiarkan langsung oleh RRI Pro 1 94,5FM – Manado, dan dilengkapi dengan dialog interaktif dengan pendengar yang menyampaikan pertanyaan kepada Para Narasumber, diawali dengan penandatanganan komitmen bersama Menuju Indonesi Tertib, Bersatu Keselamatan No.1 oleh para narasumber dan peserta Dialog.

Dialog Publik ini memberikan kesimpulan dan rekomendasi kepada para stakeholder bahwa selain aksi pencegahan kecelakaan lalu lintas, penanganan korban kecelakaan juga perlu mendapatkan perhatian khusus dan kerjasama yang solid dari para stakeholders yang terlibat. Selain itu, diharapkan Acara Dialog Publik selanjutnya dapat dilaksanakan di lokasi/daerah luar perkotaan, guna menjaring peserta dari masyarakat di daerah terpencil, sehingga sosialisasi terhadap peran dan tugas Jasa Raharja dalam memberikan perlindungan asuransi wajib kecelakaan lalu lintas dan penumpang umum dapat lebih efektif mengena kepada target audience-nya.