Info Utama

16 Juni 2015, Humas Banten

JR Banten Dialog Publik

Bertempat di Aula Kampus STIE Bina Bangsa Kota Serang,  Jasa Raharja Banten bekerjasama dengan Radar Banten Promosindo  menyelenggarakan Dialog Publik dengan tema “Sinergi untuk Peningkatan Pelayanan kepada Masyarakat Korban Kecelakaan Lalu Lintas’’.

Acara ini mengundang narasumber,  Direktur Lalu Lintas Polda Banten, Rudi Antariksawan, SH, S.Ik, M.Si ,  Kepala Dinas Perhubungan,Komunikasi dan Informatika Provinsi Banten, Ir,Revri Aroes, MM , Ketua STIE Bina Bangsa DR.H.Furtasan Ali Yusuf, SE, S.Kom, MM sebagai pengamat transportasi dan kebijakan publik, dan Kepala Cabang Jasa Raharja Banten, Ari Tjahyono, SH, MM, Plt.Gubernur Banten, H.Rano Karno, S.Ip sebagai keynote speaker diwakili oleh Kepala Dinas Perhubungan,Komunikasi dan Informatika Provinsi Banten

Pada kesempatan itu, Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Banten, Ari Tjahyono menjelaskan, PT. Jasa Raharja (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  diberikan tugas pokok oleh Pemerintah untuk mengelola UU. No. 33 dan 34 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang dan Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Dalam menjalankan tugasnya jajaran Jasa Raharja dimanapun berada selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang cepat dan tepat kepada seluruh lapisan masyarakat yang mengalami musibah  kecelakaan lalu lintas dalam pengurusan santunan (klaim).

 “Kecepatan penyelesaian santunan yang ditargetkan oleh Perusahaan khususnya bagi korban yang meninggal dunia maksimal rata – rata 7 hari sejak terjadinya kecelakaan memang sudah terealisasi dengan baik. Ini semua dapat terlaksana karena adanya dukungan dari berbagai mitra kerja Jasa Raharja khususnya dari jajaran Satlantas dalam hal penyampaikan Laporan Polisi yang akan dijadikan salahsatu persyaratan pengajuan santunan / klaim,” ungkapnya.

Peran media massa baik media cetak maupun media elektronik, lanjut dia, juga tidak kalah pentingnya terhadap kecepatan pelayanan Jasa Raharja. Semakin cepat mendapat berita / informasi adanya kecelakaan, semakin cepat pula pihak Jasa Raharja akan menindaklanjutinya dengan layanan jemput bola ke rumah korban / ahli waris korban.

Dalam melaksanakan tugasnya, PT Jasa Raharja (Persero) ingin memberikan pembuktian kepada masyarakat melalui Pelayanan Terbaik atau Execelent Service.  Dalam rangka mensukseskan pelayanan prima, PT Jasa Raharja (Persero) membuat sebuah pola pelayanan perusahaan berupa PRIME (proaktif, Ramah, Ikhlas, Mudah dan Empati).

Acara dialog publik berjalan dengan lancar dan mendapatkan respon yang positif dimana para peserta dialog dan masyarakat memahami peran Jasa Raharja bersinergi dengan instansi terkait untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat korban kecelakaan lalu lintas serta masukan langsung dari masyarakat sebagai bahan evaluasi,  ujar Ari Tjahyono. Saat ini Jasa Raharja terus meningkatkan pelayanannya dan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang mengalami korban kecelakaan untuk mendapatkan hak santunannya. Kalau dulu untuk mendapatkan santunan Jasa Raharja harus melalui putusan pengadilan dan itu perlu waktu sebulan lebih. Tapi sekarang tidak perlu seperti itu. Kalau terjadi kecelakaan pihak kepolisian akan menginformasikan kepada kami, kemudian petugas Jasa Raharja akan memberikan santunan kepada korban kecelakaan.

Jasa Raharja tidak akan bisa bekerja sendiri. Oleh sebab itu, Jasa Raharja sudah menjalin kerjasama dengan semua pihak terkait, baik dari Ditlantas Polda Banten, maupun  beberapa rumah sakit di wilayah Provinsi Banten. (Humas JR Banten)