Info Utama

12 Juni 2015, Humas KalBar

JR Kalbar Gelar Dialog Publik 2015 di Politeknik Pontianak

Dalam rangka mengedukasi masyarakat dengan tujuan meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas di wilayah provinsi Kalimantan Barat, Jasa Raharja Cabang Kalbar bersama dengan Ditlantas Polda Kalbar, Dishubkominfo Prov. Kalbar, Ombudsman RI Perwakilan Kalbar serta Politeknik Negeri Pontianak dan didukung oleh Pontianak Post menyelenggarakan acara dialog publik dengan tema “Sinergi Untuk Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat Korban Kecelakaan Lalu Lintas” di Aula Politeknik Negeri Pontianak (20/5).
Dialog publik yang diikuti sekitar 150 orang peserta dari kalangan mahasiswa Politeknik Negeri Pontianak serta mahasiswa univeritas se-Pontianak tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor Politeknik Negeri Pontianak Ir H M Toasin Asha, M.Si, serta yang menjadi narasumber dalam Dialog Publik tersebut Kacab JR Kalbar Eko Setyanto S.E, M.Kom, Dirlantas Polda Kalbar AKBP Drs. Supriyadi, Kadishubkominfo Prov. Kalbar yang diwakili oleh R. Gun Gun, Perwakilan Ombudsman RI Agus Supriyadi, SH dan Dekan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Pontianak Said, MT selaku pengamat transportasi dan acara tersebut dipandu moderator Baskoro Effendi. Dalam acara tersebut juga hadir Kepala Perwakilan Singkawang, Bapak Darwin.
Rektor Politeknik Negeri Pontianak Ir H M Toasin Asha, M.Si menyambut baik upaya JR Kalbar dalam melakukan upaya nyata di bidang pencegahan kecelakaan lalu lintas dengan melakukan dialog publik dengan civitas akademika yang merupakan bagian dari stakeholder dibidang lalu lintas dan kepada masyarakat khususnya para mahasiswa yang ada di Kalbar. Dalam sambutannya, Rektor Politeknik Negeri Pontianak mengharapkan agar mahasiswa sebagai generasi muda harus menjadi contoh dan pelopor dalam tertib berlalu lintas. Perguruan Tinggi merupakan elem,en masyarakat untuk meningkatkan kedisiplinan lalu lintas. Dalam kesempatan tersebut Rektor berpesan kepada mahasiswa yang telah mengikuti dialog publik ini agar dapat menyebarluaskan pengetahuan serta informasi yang telah diperolehnya kepada teman-teman kampus, keluarga dan masyarakat luas agar selalu tertib di jalan. 
Dalam acara Dialog Publik ini dibagi menjadi beberapa sesi pemaparan dari setiap narasumber. Pada sesi pertama pemaparan dari Kepala Cabang JR Kalbar, Bapak Eko Setyanto. Beliau menyampaikan fungsi utama dari Jasa Raharja yaitu sebagai pengemban UU No. 33 dan 34 Tahun 1964. Namun tidak hanya fokus pada aktivitas hanya membayarkan santunan secara cepat dan mudah bagi korban kecelakaan lalu lintas jalan dan penumpang umum sebagaimana diatur dalam UU Nomor 33 dan 34 tahun 1964, JR juga secara aktif bersama dengan instansi terkait juga melakukan berbagai upaya nyata di dalam bidang pencegahan dan penanggulangan kecelakaan lalu lintas. 
Sementara itu, Dirlantas Polda Kalbar AKBP Drs. Supriyadi menegaskan bahwa dialog publik yang diadakan JR Kalbar ini merupakan salah satu bentuk implementasi keberlanjutan program aksi dekade keselamatan jalan tahun 2011 hingga tahun 2020 dan aksi 10 tahun pertama dari program jangka panjang Rencana Umum Nasional Keselamatan Jalan (RUNK). Beliau juga menyampaikan bahwa kasus kecelakaan lalu lintas banyak terjadi pada pengendara kendaraan bermotor roda dua dan pada usia produktif. Dalam kesempatan ini beliau kembali menyerukan Aksi Keselamatan No.1 kepada seluruh peserta.
Sesi selanjutnya adalah pemaparan dari Kepala Seksi Lalu Lintas Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Prov Kalbar, Pengamat Transportasi dan Kebijakan Publik, dan Perwakilan dari Ombudsman Prov. Kalbar. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang mendapat antusias yang baik dari para peserta.
Setelah sesi diskusi berakhir, dilakukan penyematan secara simbolis pin pelopor keselamatan berlalu lintas oleh Kacab JR Kalbar dan Dirlantas Polda Kalbar yang disematkan kepada perwakilan 10 orang mahasiswa. Diakhir acara disediakan door prize dari JR Kalbar yang dibagikan untuk mahasiswa yang beruntung. *(Humas JR Kalbar/inf)*.