Info Utama

02 Oktober 2020, Humas KepRi

PRESS RELEASE HASIL SURVEI KEPUASAN PELAYANAN PUBLIK DI SAMSAT PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Jumat (2/10), Kepala PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Riau Tamrin Silalahi bersama Direktur Lalu Lintas Polda Kepulauan Riau, Kombespol Mujiono., S.Ik, MAP, dan Sekretaris Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Provinsi Kepulauan Riau, Dicky Wijaya, melaksanakan Press Release di Ruang RMTC Polda Kepulauan Riau terkait Persepsi Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan di Samsat

Dirlantas Polda Kepulauan Riau menyampaikan bahwa survei dilakukan dalam dua hal yaitu survei terkait dengan kepuasan pelayanan yang dilakukan di kantor Bersama samsat dan kantor pelayanan samsat dan survei terhadap persepsi anti korupsi, kolusi dan nepotisme dalam pelayanan tersebut. “Hasil dari kedua survei tersebut adalah baik, yang artinya bahwa masyarakat puas dengan pelayanan di samsat dan tidak ada praktek korupsi, kolusi, dan nepotisme dalam pelayanan samsat tersebut”, ujar Kombel Pol Mujiono dalam konferensi pers tersebut.

Dicky Wijaya selaku Sekretaris BP2RD juga menyampaikan bahwa survei kepuasan masyarakat merupakan salah satu bentuk inovasi yang dilakukan guna memberikan kemudahan-kemudahan kepada masyarakat khususnya wajib pajak. “Kita dituntut memberikan inovasi-inovasi yang memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor.  Saat ini banyak inovasi yang kami lakukan dalam hal pelayanan kesamsatan khususnya dalam pembayaran PKB dan SWDKLLJ. Kami banyak membuka gerai pelayanan Samsat, seperti Samsat Mall, Samsat bergerak, Samsat Keliling, e-Samsat bahkan sekarang pembayaran pajak dan SWDKLLJ dapat dilakukan di indomaret. Kemudahan ini kita berikan kepada masyarakat guna mempermudah proses pelayanan di Samsat”. kata Dicky dalam konferensi pers tersebut.

Tamrin Silalahi selaku Kepala PT Jasa Raharja Kepulauan Riau pada kesempatan tersebut juga menjelaskan bahwa dari hasil survei yang berkaitan langsung dengan PT Jasa Raharja terkait pelayanan Samsat ada dua poin yaitu bahwa terdapat 73,88% dari total sampel mengetahui keberadaan PT Jasa Raharja di Samsat dan 80% Wajib Pajak mengetahui bahwa terdapat pembayaran SWDKLLJ di samsat. “Hasil tersebut memang belum mencapai 100%. Itu menjadi tanggung jawab dan evaluasi kami”, kata Tamrin silalahi dalam konferensi pers tersebut.

Hasil survei tersebut menjadi tantangan besar bagi PT Jasa Raharja Cabang Kepualuan Riau untuk selalu mensosialisasikan peran dan fungsi Jasa Raharja kepada masyarakat. “Tiga instansi yang ada di Samsat adalah satu kesatuan, kepuasan pelayanan di Samsat adalah tugas kita bersama sehingga kolaborasi dan sinergi bersama adalah hal yang selalu dikedepankan”, kata tamrin Silalahi menambahkan.