Info Utama

05 Januari 2021, Humas Riau

Sepanjang Tahun 2020, Jasa Raharja Cabang Riau Serahkan Santunan 51,2 Miliyar

Kepala PT Jasa Raharja Cabang Riau, Herry Kesuma, dalam pernyataan akhir tahun di kantornya, Jl Sudirman No.185 Pekanbaru mengatakan, penyerahan santunan korban kecelakaan di Provinsi Riau pada 2020 menurun jika dibandingkan dengan penyerahan di tahun 2019.

 

Sesuai data penyerahan santunan kecelakaan PT Jasa Raharja Cabang Riau, sejak Januari hingga Desember 2019, penyerahan santunan mencapai Rp 59.055.933.115. Sedangkan pada 2020 dengan periode waktu yang sama, diserahkan sebesar Rp 51.299.885.130,- atau mengalami penurunan sebesar Rp7.756.047.985,- atau sekitar 13,13%.

 

Herry Kesuma mengatakan, penyerahan santunan di tahun 2019 untuk korban meninggal dunia sebesar Rp 34.125.000.000, sementara ditahun 2020 sebesar Rp 29.850.000.000. Selain santunan meninggal dunia, Jasa Raharja juga menyerahkan santunan untuk biaya pengobatan korban luka-luka, korban yang mengalami cacat tetap, biaya ambulans, biaya P3K serta bantuan biaya penguburan bagi korban meninggal yang tidak memiliki ahli waris yang sah sebagaimana ketentuan. Jasa Raharja menyerahkan santunan tidak lagi tunai/cashless system, dimana semua santunan/biaya sudah dilakukan melalui over booking ke rekening ahli waris/korban maupun rumah sakit yang merawat korban. Hal tersebut guna mendukung program pemerintah dalam penerapan cashless diberbagai transaksi dan juga dalam rangka transparansi serta akuntabilitas dalam penyerahan santunan.  

 

Berdasarkan Peraturan Mentri Keuangan RI No.15 dan 16 /PMK.10/2017 Tanggal 13 Februari 2017, besaran santunan bagi korban kecelakaan meninggal dunia adalah Rp.50.000.000 dan maksimal biaya perawatan adalah Rp. 20.000.000, sedangkan untuk santunan cacat tetap fungsi disesuaikan dengan persentase kecacatan dan nilai persen tiap anggota tubuh yang mengalami kecacatan, dengan nilai maksimal santunan untuk cacat tetap Rp. 50.000.000.

 

Penyerahan santunan korban kecelakaan oleh Jasa Raharja Riau dilakukan berdasarkan azas domisili ahli waris atau penerima santunan. Hal tersebut merupakan implementasi sistem online Jasa Raharja antar kantor Cabang dan Perwakilan di seluruh Indonesia.

 

“Jadi, santunan yang diserahkan di Jasa Raharja Cabang Riau, tidak semua kecelakaannya terjadi di wilayah kerja Cabang Riau. Kecelakaan di daerah lain misalnya di Jakarta namun ahli warisnya domisili Pekanbaru, maka santunan diserahkan disini, demikian sebaliknya” tegas Herry Kesuma didampingi Kabag Operasional Ahmad Ilham. 

 

Diantara penyebab turunnya jumlah santunan yang diserahkan, tentu saja akibat dari masyarakat yang kurang beraktivitas di luar rumah dikarenakan pademi covid-19. Selain tentu juga kegiatan pencegahan kecelakaan dengan sosialisasi keselamatan berlalu lintas yang terus menerus dengan menggandeng kepolisian dan instansi berwenang lainnya, demi kesadaran savety riding. Hal lainnya, diperbanyaknya rambu-rambu lalu lintas dan himbauan di sejumlah ruas jalan, terutama di daerah-daerah yang rawan kecelakaan.

 

Rilis dilansir Humas Jasa Raharja Riau, sepanjang Tahun 2020, PT Jasa Raharja Cabang Riau telah melakukan berbagai program kegiatan. Diantara kegiatan yaitu Penandatanganan MOU dengan rumah sakit, MOU dengan pengelola kapal pelayaran dll. Dalam pencegahan penyebaran Covid 19, Jasa Raharja Cabang Riau yang tergabung dengan satgas BUMN juga berperan aktif, seperti pemberian bantuan APD, Wastapel portabel ke mitra kerja, pemerikasaan kesehatan juga rapid test covid-19 secara gratis.

 

Jasa Raharja Cabang Riau beserta semua karyawan juga memberikan bantuan sembako ke masyarakat terdampak Covid-19. Dukungan pemberian relaksasi pajak dengan membebaskan denda merupakan juga bagian kegiatan dalam penangnan Covid-19. Dalam suasana Covid-19 Jasa Raharja juga tetap melakukan kegiatan JR Mengajar secara virtual bagi para pelajar SLTA yang menghadirkan narasumber dari Ditlantas Polda Riau dan Dinas Perhubungan Provinsi Riau dalam rangka meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas sejak dini. 

 

PT Jasa Raharja  pada 1 Januari 2021 genap berusia 60 tahun dengan tema perayaan tahun ini adalah Bangga Melayani Negeri. Dalam suasana pandemi, kegiatan perayaan dilaksanakan secara virtual dengan tetap mengutamakan keterlibatan masyarakat yang memanfaatkan teknologi dan terpusat di Jakarta.

 

Diantara rangkaian kegiatan peringatan telah dilaksanakan sejak September 2020, dimulai dari Sayembara Logo HUT 60 Tahun Jasa Raharja, webinar, JR Run & Ride Challenge dengan total 2.000 peserta dari seluruh Indonesia.

 

Selain itu, PT Jasa Raharja Riau juga melakukan kegiatan aksi penanaman pohon mangrove di Pantai Dumai, kegiatan donor darah dengan tema Stay Healthy and Happy with Jasa Raharja Blood Donation serta sepeda santai.

 

"60 Tahun Jasa Raharja hadir dengan Bangga Melayani Negeri sebagai kepanjangan tangan pemerintah dalam memberikan jaminan perlindungan dasar bagi korban kecelakaan lalu lintas jalan dan angkutan umum”.tutup Herry Kesuma saat ditemui Humas Jasa Raharja Riau.