Info Utama

08 Juli 2019, Humas SulTra

Simulasi Pemadaman Kebakaran, JR Sultra Latih Ketanggapan

KENDARI (5/7) - Demi meningkatkan kesadaran atas risiko kerja di dalam gedung, karyawan dalam sebuah perusahaan harus memahami bagaimana cara mitigasi terhadap risiko tersebut. Dalam gedung, risiko kebakaran dapat terjadi. Kebakaran adalah api yang tidak dapat dikendalikan sehingga menimbulkan malapetaka. Pada setiap kejadian kebakaran pasti ditemukan kerugian, baik kerugian langsung seperti hilangnya nyawa, kerusakan barang/materi, maupun kerugian tidak langsung seperti waktu, pikiran dan lain-lain. Kebakaran merupakan salah satu musibah, dan pasti memiliki suatu penyebab.

Untuk dapat mencegah terjadinya kebakaran terlebih dahulu kita harus mengetahui bagaimana kebakaran itu terjadi, tentunya dengan mengetahui unsur-unsur apa yang membentuk api, penyebab kebakaran, macam kebakaran, faktor-faktor terjadinya kebakaran, hal-hal yang mendukung penyebaran api, dan bagian–bagian apa saja yang rawan akan terjadi bahaya kebakaran.

Oleh karena itu, PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Sulawesi Tenggara melaksanakan kegiatan simulasi dan pelatihan pemadaman kebakaran. Kegiatan ini dimulai dengan materi secara teori dan teknik memadamkan api dengan menggunakan karung Goni dan tabung APAR dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kendari.

Karyawan dan Karyawati JR Sultra diberikan pemahaman mengenai beberapa hal penting yang berkaitan dengan peristiwa kebakaran, diantaranya adalah proses terjadinya api (segitiga api), pemadaman api, dan beberapa materi lainnya. Karyawan dan Karyawati JR Sultra juga dilatih cara-cara pemadaman api, mulai dengan peralatan sederhana terdekat, seperti karung Goni basah hingga penggunaan tabung APAR.

Tentunya, dengan pelatihan seperti itu, PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Sulawesi Tenggara berharap agar kesadaran karyawan terhadap risiko dan bahaya kebakaran semakin meningkat, dan potensi kerugian akibat kebakaran dapat diminimalisir. 
(HUMAS JR SULTRA/V-ED/19)