Info Utama

11 Mei 2015, Humas KalSel

Terobosan Inovatif JR Kalsel “Launching Pelayanan Online”

Menyadari luas wilayah yang begitu  besar dan jangkauan wilayah satu dengan yang lain cukup jauh, maka JR Kalsel membuat terobosan inovatif pelayanan santunan online melalui web aplikasi www.jrkalsel.com yang dapat diakses oleh seluruh petugas samsat front office pelayanan, satlantas, publik, dan dapat diakses oleh BPJS dan Rumah Sakit. Launching Pelayanan Santunan Online bersamaan dengan Rakorda seluruh jajaran Jasa Raharja Kalimantan Selatan sekaligus praktek untuk meningkatkan pemahaman pegawai dalam implementasi pelaksanaannya.

Ujicoba pelaksanaan santunan online sudah dimulai sejak bulan februari 2015, dalam implementasi pelaksanaan santunan online Kepala Cabang menyampaikan kepada segenap jajaran SDM JR Kalsel antara lain.

1.  Adanya komitmen dari SDM untuk menerapkan PRIME di dalam pelayanan.

2. Secara konsisten petugas front office pelayanan melakukan jemput bola ke Unit Laka selanjutnya melakukan proses pelayanan santunan Online melalui HP / PC / Internet terdekat dengan ahliwaris / korban sehingga klaimen tidak perlu hadir ke Kantor Jasa Raharja untuk melengkapi berkas.

3. Berkas diakses melalui internet lansung dengan melampirkan form santunan, KTP, identitas korban lainnya, Surat Keterangan Kematian, Surat Keterangan Ahli Waris dan  Rekening Bank dari akses internet tersebut langsung dikirim dalam hitungan detik berkas bisa sampai ke Kantor Cabang dengan email monitoring Kepala Cabang, Kepala Unit, dan Petugas Front Office Pelayanan.

Implementasi Pelayanan Santunan Online yang diterapkan sampai dengan bulan April 2015 khusus korban meninggal dunia mengalami peningkatan kecepatan menjadi 2,23 hari sejak kejadian kecelakaan dibandingkan tahun 2014 yang masih 3,9 hari. Dengan pengembangan teknologi informasi pelayanan santunan online diharapkan menjadi mudah, terkendali dan akuntabel. (humas jr kalsel)