Info Utama

12 Februari 2018, Humas BaBel

Tingkatkan Pelayanan, Jasa Raharja Cab. Kep. Bangka Belitung Bersama Tim Pembinan Samsat dan Ditlantas Polda Kep. Bangka Belitung Lakukan Studi Banding Ke Bapenda Prov. Jawa Barat

Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Jasa Raharja Cabang Kep. Bangka Belitung bersama mitra terkait dalam hal ini yakni Tim Pembina Samsat Prov. Kep. Bangka Belitung dan Ditlantas Polda Kep. Bangka Belitung melaksanakan kunjungan kerja atau studi banding di wilayah Bapenda Prov. Jawa Barat yang di ikuti pejabat dari Ditlantas Polda Kep. Bangka Belitung dan Tim Pembina Samsat Prov. Kep. Bangka Belitung. Peserta study banding yakni Kepala Cabang Jasa Raharja Kep. Bangka Belitung Dodi Apriansyah didampingi Kepala Unit Operasional Cynthia Eveline Jonathans, Kepala Badan Keuangan Daerah Prov. Kep. Bangka Belitung Fery Afriyanto beserta jajaran, Dirlantas Polda Kep. Bangka Belitung, AKBP Dwi Asmoro beserta jajaran dan Kepala Cabang Bank Sumsel Babel

 

Dalam kesempatan tersebut hal yang menjadi fokus dalam kegiatan studi banding ini yakni tentang bagaimana penerapan E-Samsat, melalui E-Samsat ini pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) dapat dilakukan menggunakan anjungan tunai mandiri, sehingga wajib pajak kendaraan bermotor tidak perlu repot membayar pajak. Cukup dengan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh bank, dimana wajib pajak dapat membayar Pajak Kendaraan bermotor (PKB) tahunan miliknya diseluruh ATM Bank. Resi pembayaran dari ATM akan menjadi bukti resmi bahwa wajib pajak kendaraan telah melakukan pembayaran. Selain itu keuntungan menggunakan E-Samsat yakni menghilangkan praktek calo, memberikan kenyamanan kepada wajib pajak serta menghilangkan korupsi atas penerimaan pajak.

 

Selanjutnya studi banding tersebut membahas mengenai Aplikasi Sistem Informasi Pajak Online (SIPOLIN), aplikasi ini memberikan kemudahan kepada masyarakat atau wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor yang dilakukan secara online melalui smartphone yang dimana aplikasi tersebut dapat diunduh pada layanan Google Playstore untuk smartphone android. Selain membahas SIPOLIN dalam studi banding tersebut juga membahas mengenai Samsat Gendong yang merupakan layanan jemput bola untuk menjangkau masyarakat di pelosok-pelosok daerah, sehingga mendapatkan pelayanan publik yang sama dengan masyarakat di perkotaan. Samsat Gendong merupakan pelayanan samsat yang melayani pengesahan STNK tahunan, pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB), serta pembayaran sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ), dimana petugas samsat membawa tas gendong yang berisi peralatan samsat yang telah disederhanakan dan menggunakan kendaraan roda dua sebagai sarana transportasi.

 

Kepala Cabang Jasa Raharja Kep. Bangka Belitung, Dodi Apriansyah menjelaskan bahwa, “Dengan study banding ini diharapkan apa yang menjadi inovasi khususnya di Jawa Barat ini, dapat diterapkan di Kep. Bangka Belitung dan mampu memberikan dampak positif yakni, mempermudah masyarakat dan menjadikan masyarakat semakin taat dalam membayar pajak serta dapat meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor pajak kendaraan bermotor.”   

 

Selanjutnya Kepala Cabang Jasa Raharja Kep. Bangka Belitung, Dodi Apriansyah menambahkan bahwa, pihaknya akan terus bekerjasama dengan mitra terkait serta mendukung apa yang menjadi terobosan di Samsat untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat khususnya di wilayah Kep. Bangka Belitung.

 (Humas JR Babel/RG/18/VAL-Ed)