Info Utama

22 November 2018, Humas Riau

TINGKATKAN PEMAHAMAN MASYRAKAT TENTANG SAMSAT, TIM PEMBINA SAMSAT PROVINSI RIAU TALKSHOW DI RIAU TV

Pekanbaru (19/11) Jasa Raharja Cabang Riau menginisiasi talkshow di Riau TV bersama Tim Pembina Samsat Provinsi Riau demi meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap Kantor Bersama Samsat. Sebagai narasumber dari masing-masing instansi yaitu Abdillah Kabag Operasional Jasa Raharja Cabang Riau, Kompol Zulanda Kasi STNK Polda Riau dan Ispan Shahputra HS Kepala Bidang Pajak Badan Pendapatan Daerah Provinsi Riau. Pada talkshow tersebut masing-masing memaparkan tugas dan wewenang masing-masing instansi pada Kantor Bersama Samsat. Seperti tertera pada Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kendaraan Bermotor pada Kantor Bersama Samsat ada tiga instansi yaitu Kepolisian, Bapenda Provinsi dan Jasa Raharja dimana masing-masing instansi mempunyai tugas dan wewenangnya.

Meningkatkan kesadaraan masyarakat akan tertib berlalu lintas dan tertib administrasi berkendara dimana salah satunya kepatuhan para pemilik kendaraan membayar pajak kendaraan dan Sumbangan Wajib Dana Kecalakaan Lalu Lintas Jalan juga menjadi tujuan talkshow kali ini. Seperti yang diterangkan oleh Kompol Zulanda dimana selama Operasi Zebra Muara Takus 2018 terjaring lebih dari dua ribu pengendara kendaraan bermotor yang tidak tertib berlalu lintas ataupun tertib administrasi, dimana hal tersebut menjadi faktor penyebab kecelakaan. Berdasarkan data Bapenda Provinsi Riau selama Operasi Zebra Muara Takus 2018 terjadi peningkatan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan.

“Jasa Raharja menghimbau kepada masyarakat untuk tertib membayar pajak kendaraan bermotor dan dana SWDKLLJ di Kantor Samsat. Dengan membayar pajak dan  SWDKLLJ, Anda ikut serta dalam pembangunan dan membantu korban kecelakaan” tutur Abdillah. Jasa Raharja Riau sampai dengan Bulan Oktober 2018 telah menyerahkan santunan kepada korban kecelakaan sekitar 51 miliyar rupiah. Semoga dengan adanya talkshow ini masyarakat lebih paham tentang Samsat dan sadar akan kewajiban serta haknya.