Info Utama

27 Januari 2021, Humas DIY

Waspada Cuaca Hujan Menyebabkan Kendaraan Hilang Kendali

Bantul (27/1/21), telah terjadi peristiwa kecelakaan lalu lintas secara beruntun di Simpang Empat Blok O. Kejadian diduga karena pengemudi mobil tidak dapat mengendalikan laju kendaraanya saat cuaca sedang hujan, sehingga mengakibatkan hilang kendali kemudian menabrak beberapa pengendara sepeda motor.

 

Awal mula pengemudi mobil (EH) melaju dari arah utara menuju selatan, namun ketika sampai di TKP Simpang Empat Blok O pengemudi tidak dapat mengendalikan laju mobilnya saat lampu lalu lintas menyala merah. Setelah itu EH menabrak empat sepeda motor yang berhenti di Simpang Empat Blok O, menyebabkan terpentalnya kendaraan dan terjadilah kecelakaan lalu lintas tersebut. Salah satu pengendara sepeda motor yang menjadi korban tabrakan beruntun tersebut bahkan hingga meninggal dunia setelah menjalani rawat inap di RSPAU dr. SUHARDI HARDJOLUKITO.

 

PT Jasa Raharja Cabang D.I.Yogyakarta merespon peristiwa kecelakaan tersebut dengan segera agar santunan kepada ahli waris dapat diberikan secepatnya setelah semua persyaratan dapat terpenuhi. Santunan diberikan secara langsung kepada ahli waris (dalam hal ini orang tua) atau yang biasa dikenal dengan program “Jemput Bola”. Program ini menjadi efektif untuk menyerahkan santunan kepada ahli waris yang terkendala dalam memenuhi persyaratan klaim.

 

Dalam sistem ahli waris terdapat skala prioritas, pertama janda / duda yang sah, kedua anak – anaknya yang sah, ketiga orang tua yang sah, dan terakhir apabila tidak ada ahli waris maka diberikan penggantian biaya penguburan kepada yang menyelenggarakan.

 

“Upaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas terus dilakukan Jasa Raharja beserta stakeholder terkait demi keselamatan seluruh masyarakat. Saat cuaca sedang tidak bersahabat seperti hujan deras, atau hal – hal yang mengganggu jarak pandang, pastikan untuk tetap fokus dan berhati-hati dalam berkendara” kata Yeni Ariefianto, Kepala Sub Bagian Pelayanan PT Jasa Raharja Cabang D.I. Yogyakarta. Usahakan berada di kecepatan 30 – 40 Km/h dengan jarak aman 35 meter. Menepilah jika memang merasa tidak mampu melihat kendaraan yang berada di depan.